Laman

Senin, 09 Februari 2015

Tips merawat anak anjing

Layaknya anak manusia dan juga anakan mamalia lainnya, anak anjing juga memiliki perilaku yang hampir mirip. Sebagai mahluk yang baru lahir, tentunya anak anjing juga memerlukan perhatian yang khusus dari kita sebagai pemiliknya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui oleh pemilik anjing apabila memiliki anak anjing yang baru lahir.
tips merawat anakan anjing, anak anjing, anjing baru lahir, merawat anak anjing baru lahir
  • Dari sisi berat badan, anak anjing yang baru lahir dalam masa 24 jam pertama dia masih memiliki tubuh yang lemah, dan berat badannya akan menyusut dan secara bertahap kemudian berat badan akan secara pasti naik. Hal ini disebabkan oleh metabolisme tubuh yang mulai berangsur sempurna.
  • Bedasarkan penelitian, berat badan anak anjing akan mengalami peningkatan 1 sd 2 gram setiap harinya. Dan dipastikan bentuk tubuhnya semakin berangsur mengalami kekuatan dari hari kehari. Apabila perkembangan ini tidak didapatkan, maka dapat dipastikan anak anjing yang anda miliki mengalami kelainan pertumbuhan, dan perlu untuk dilakukan penanganan di dokter hewan.
  • Selanjutnya memasuki usia 3 sd 5 minggu, anak anjing yang anda miliki sudah layak untuk diberikan makanan lunak sebagai makanan tambahan selain air susu induknya.Perlu disampaikan juga dalam memberikan makanan lunak, perlu untuk ditambahkan susu sebagai pengencer makanan lunak tersebut, agar nutrisi sempurna masuk kedalam tubuh anak anjing yang kita miliki.
  • Melewati usia 7 minggu, akan anjing yang kita miliki sudah dapat diberikan makanan padat, dan juga sudah bisa untuk disapih. Pada masa ini anak anjing juga sudah mengalami pertumbuhan yang sempurna, aktivitas menyusui sudah mulai berkurang, dan sudah memasuki masa bermain.
  • Dalam masa bermain, sebaiknya anak anjing yang kita miliki diberikan beberapa mainan yang beragam, hal ini bertujuan selain agar anak anjing yang kita miliki tidak mengalami kebosanan juga melatih daya kreatifitasnya terhadap dunia yang akan dihadapi.
  • Selanjutnya hal yang penting untuk dilakukan oleh pemilik anak anjing, yaitu secara berkala diperiksakan kedokter hewan dan diberikan imunisasi agar terhindar dari penyakit. Tujuan pemeriksaan berkala oleh dokter hewan adalah memastikan tingkat perkembangan fisik anak anjing yang kita miliki, dan kesehatan serta keamanan kita sebagai pemilik anak anjing tersebut.
  • Yang terakhir, pastikan selalu kondisi lingkungan dan tempat tinggal anak anjing kita selalu bersih dan terbebas dari kuman penyakit. Tempat yang bersih, selain menjadikan anak anjing kita nyaman, juga kesehatan lingkungan kita akan selalu terjaga.
Demikian beberapa tips dalam menangani akan anjing yang baru lahir. Kepedulian kita sebagai pemilik akan menentukan kesehatan dan perkembangan anak anjing yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar