Laman

Rabu, 11 Februari 2015

Tips merawat anak anjing yang baru lahir

Pada masa akhir kehamilan induk anjing akan memasuki masa melahirkan anaknya. Pada masa melahirkan anak anjing ini, kita sebagai pemilik anjing harus dan perlu tahu beberapa hal yang perlu dilakukan pada saat menangani proses persalinan dan merawat kelahiran anak anjing. 
Proses melahirkan anjing hampir sama dengan proses melahirkan binatang kucing dan ini sebenarnya adalah suatu proses yang alamiah, tetapi dalam hal ini untuk mengurangi resiko maka perlu kita untuk membantu merawat anak anjing kita yang baru lahir agar sehat, aman dan mengalami pertumbuhan yang baik.
anak anjing baru lahir, anak anjing, anjing peliharaan, merawat anak anjing, merawat anjing baru lahir, anjing peliharaan, anjing sehat, anak anjing lucu

Berikut ini beberapa tips dalam merawat anak anjing yang baru lahir :
  • Pertama kali anak anjing lahir, fisik atau tubuhnya lemah, dan dia akan mengalami perbedaan suhu. Suhu saat dia masih dikandungan berbeda jauh dengan suhu di dunia luar. Kita sebagai pemilik anjing harus mengerti tentang hal ini, pastikan suhu udara luar tidak jauh berbeda dengan suhu tubuh anak anjing. Bila mana perlu berikan selimut atau alas tempat rebahan yang lebih hangat, atau pindahkan kedalam ruangan yang tidak memiliki suhu ekstrim.
  • Anak anjing yang baru lahir pastinya masih dalam keaadaan lemah dan memiliki mata yang tertutup. Dengan kondisi seperti ini, kita sebagai pemilik anjing harus mempersiapkan tempat tinggal induk dan anak anjing yang baru lahir tersebut di tempat yang bersih dan nyaman. Tempat yang tidak mudah terjangkau oleh serangga, tidak berda ditempat tinggi dan nyaman dari cuaca dingin.
  • Dalam beberapa hari sampai dengan 3 minggu pertama, akan anjing akan terus menerus menyusui. Hal ini perlu kita amati dan bila mana perlu berikan susu tambahan bila induk anjing sudak kewalahan atau air susunya tidak lagi keluar. Apabila anak anjing sudah memasuki usia 6 - 7 minggu, dia sebaiknya diberikan makanan padat, dan dikurangi konsumsi susunya.
  •  Mulailah membersihkan, menadikan  tubuh anak anjing diusia yang menginjak dewasa, karena diusia ini tubuhnya sudah mulai sempurna, bulu-bulunya sudah mulai tumbuh sempurna
  • Selanjutnya perlu diperhatikan juga mengenai kesehatan anak anjing kita. Pastikan setelah memasuki usia 3 sd 4 minggu, anak anjing kita mendapatkan perawatan kesehatan seperti vaksinasi dan obat obatan lain yang berhubungan dengan pencernaan. Anak anjing secara alamiah akan memiliki rasa penasaran, sehingga apapun yang ditemuinya akan coba digigitnya atau dimakan. Hal ini akan memberikan resiko anak anjing kita mengalami penyakit cacingan, dan untuk itu pemberian obat cacing sangat diperlukan agar anak anjing kita tumbuh sehat.
  • Latihlah dari awal anak anjing kita untuk ke tiolet. Anak anjing perlu dilatih dari awal apabila buang air selalu ditempat yang sudah disediakan. Proses pelatihan ini memang agak lama, tetapi manfaatnya sangat luar biasa. Apabila anak anjing yang kita miliki sudah dewasa, dia akan dengan sendirinya mengerti kemana dia akan membuang kotorannya.
Demikian beberapa tips yang perlu diketahui dalam menangani anak anjing yang baru lahir sampai dengan proses penanganan, pelatihan bila anak anjing tersebut tumbuh dan memasuki usia dewasa. Perlu kita ketahui, proses tersebut diatas sebenarnya merupakan proses yang alamiah dapat dilakukan oleh semua jenis anjing karena secara insting mereka sudah mengerti hal tersebut. Tetapi tidak ada salahnya bila kita memastikan semua proses dari awal berjalan dengan semestinya, agar resiko kegagalan terhadap anak anjing kita yang baru lahir tidak terjadi.

5 komentar:

  1. http://www.profilebisnis.com/2015/05/proses-kelahiran-anak-anjing-pomeranian.html

    Pengalaman pribadi saya nih...
    mngkn berguna

    BalasHapus
  2. Very good article, and I love this blog and give information bari readers. If interested, please visit my blog on the same topic Cute Dogs

    BalasHapus
  3. Sy memelihara Anjing rot,Dia Baru melahirkan 3 Hari yg lalu 9 ekor tapi Sdh Mati 2 Karna Di injak padahal sy Sdh memberikan tempat yg luas, Ada yg Bisa kasih masukan?

    BalasHapus
  4. Saya memelihara Anjing rot, 3 Hari yg lalu Dia melahirkan 9 ekor tetapi Sdh Mati 2 ekor Gara" Di injak padahal sy Sdh kasih tempat yg luas, Ada yang Bisa kasih masukan?

    BalasHapus
  5. Saya memelihara Anjing rot, 3 Hari yg lalu Dia melahirkan 9 ekor tetapi Sdh Mati 2 ekor Gara" Di injak padahal sy Sdh kasih tempat yg luas, Ada yang Bisa kasih masukan?

    BalasHapus